23) KE JEPANG NAIK BENANG

DSCF0235  DSCN0100 DSCF0028  DSCF0219 

YUNUS DAN PAUS, PHOE DAN JAPAN AIRLINES …

             Menjadi guru bukanlah pilihan pertama saya. Saat tahun keempat kuliah, ibu sakit tumor rahim sehingga keinginan saya untuk kerja di kapal pesiar pun urung. Aneh memang, mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris, tapi tidak ada niatan jadi guru. Dan jadilah saya harus pulang ke Ngawi, Jawa Timur, tempat kelahiran saya. Saat itu berbarengan dengan naiknya Bapak SBY menjadi presiden dan berbarengan dengan pencanangan Program 100 Hari. Dari program tersebut, rekruitmen CPNS tahun 2004 benar2 bersih. Saya yang miskin bisa lolos ujian. Kehebohan pertama yang saya buat… Dengan status CPNS yang sangat belia, saya ditempatkan di SMA di perbatasan dengan Sragen, Jawa Tengah. Singkat cerita, saya kemudian menjadi seorang guru yang lebih banyak berkecimpung di kegiatan kesiswaan, hingga sedikit terlupa dengan hal-hal ke-kurikulum-an. Dan, itu tadi hanya pengantar saja tentang saya. Yang paling penting di sini adalah mengapa saya memilih judul di atas..

Semua diawali saat almarhumah Budhe Margini (saat ini kami abadikan nama beliau dalam PKBM ‘KAsih Margini’ Ngawi) bercerita bahwa beliau memimpikan Mas Kunnang dan saya pergi ke bulan naik benang. Saya yang waktu masih kecil tidak mngerti apa maksudnya, tapi yang saya tahu bahwa beliau waktu itu punya usaha jahit pakaian jadi kecil-kecilan.. Dan memang, sebagai saudara sepupu, sejak kecil saya dan Mas Kunnang terhitung lebih sering bersama, bahkan hingga masa SMA saat usaha Budhe Margini terkena goncangan hebat, dan berlanjut ke sakitnya beliau hingga wafatnya beliau pada Januari tahun 2000.

Walhasil, Mbak Rita (putri tertuanya) dan Mas Kunnang pun kuliah dalam kondisi yang berbalik dari kehidupan sebelumnya. Saya pun sama, dimana saat itu kondisi ekonomi keluarga kami carut-marut, bahkan hampir bangkrut. Tapi kami semua tetap berjalan hingga Mbak Rita berhasil meraih gelar dokter dari UNS, Mas Kunnang meraih gelar ST dari ITB, dan saya meraih gelar es-pe-de dari Universitas Negeri Malang…

(The text is still under construction.. Thank you)

Advertisements

One thought on “23) KE JEPANG NAIK BENANG

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s