14) TAWURAN ANTAR BANGSA…

SALING PANDANG DAN TAWURAN ANTAR BANGSA

Di dapur tadi, saya habis ngobrol dengan mahasiswa India dari Mumbai. Dulu mas ini tiba2 tanya ‘where are you from?’ ke saya. Ternyata dia tadi baru bilang bahwa dia dulu penasaran karena dia kira saya berasal dari India negara bagian Assam..! Darimana juga seperti itu? Kalau macam Mbak Isma Rosyida dianggap sebagai orang India, ya wajarlah. Lha kalo saya nih darimananya coba? Hehe… Kalau dianggap (dan memang pernah ditanya begitu) bahwa saya dari Thailand, Myanmar, Filipina atau Kanton, ya masih wajar lah, memang masih serumpun. Itu juga yang terjadi pada teman saya dari Nanjing, saat pertama kali ngobrol dengan saya, dia kaget. “Kok orang China ngajak ngobrol pake bahasa Inggris?” pikirnya. Dulu, di lift, ada mahasiswa Thailand seperti mau ngajak ngobrol tapi tidak berani, jadi dia hanya pandang2 saya saja. Lha saya pun pernah mau ngajak ngobrol seseorang yang saya pikir seorang Indonesia, eh.. ternyata Filipina, atau eh.. ternyata Bangladesh.
Dan seterusnya… Saya rasa hampir semua mahasiswa Indonesia di sini (terutama yang berwajah oriental) pernah jadi objek dan subjek kebingungan.
Ya, itulah salah satu seni kehidupan di pulau salju ini. Saling pandang untuk scanning kewarganegaraan, biar tidak ‘tengsin’ saat menyapa, untuk saling mengenal, untuk saling membuka wawasan. Jadi teringat teman2 SMA saya dulu. Gara2 saling pandang antar siswa beda sekolah, terminal bus pun jadi tempat menyeramkan bagi saya gara2 ancaman ajang unjuk ukhuwah bertema ‘tawuran’ ….
Alhamdulillah, walau kami sering saling pandang, tidak ada tawuran tuh…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s